Animalium News

Kura-Kura Sulcata: Si Raksasa Afrika yang Menawan

Kura-kura Sulcata (Centrochelys sulcata), si raksasa Afrika yang menawan, telah menjadi primadona di kalangan pecinta reptil Indonesia. Hewan eksotis ini terkenal dengan corak cangkangnya yang unik dan kemampuan adaptasinya yang luar biasa. Namun, di balik pesonanya, terdapat banyak fakta menarik yang jarang diketahui. Mari selami dunia kura-kura Sulcata dan pelajari lebih dalam tentang hewan istimewa ini:

Raksasa Afrika yang Menakjubkan

Kura-kura Sulcata merupakan spesies kura-kura darat terbesar di Afrika dan ketiga di dunia, setelah kura-kura Galapagos dan Aldabra. Panjang cangkangnya bisa mencapai 80 hingga 100 cm, dengan berat mencapai 90 kg, bisa dibayangkan kura-kura ini seberat dua orang dewasa. Ukurannya yang raksasa ini menjadikannya salah satu hewan peliharaan eksotis yang paling diminati.

Keunikan Cangkang Sulcata

Cangkang Sulcata memiliki corak yang khas, dengan garis-garis alur (sulcus) yang dalam dan berwarna coklat kekuningan. Cangkang ini berperan penting dalam melindungi tubuh mereka dari predator dan kondisi ekstrem di habitat asalnya, Gurun Sahara dan Sahel di Afrika. Salah satu ciri khas kura-kura Sulcata adalah bentuk punggungnya yang menyerupai piramida. Punggungnya memiliki lekukan-lekukan yang memberikan kesan eksotis dan unik.

Adaptasi yang Luar Biasa

Kura-kura Sulcata mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan. Mereka mampu bertahan dari suhu ekstrem dan kekurangan air dengan menyimpan cadangan air di dalam tubuh mereka sehingga mereka dapat hidup di daerah dengan suhu panas dan kering, serta di daerah dengan curah hujan yang lebih tinggi. Kemampuan adaptasi ini membuat mereka mudah dipelihara di berbagai wilayah di Indonesia.

Herbivora Sejati

Kura-kura Sulcata adalah herbivora, dengan makanan utama berupa rumput, daun-daunan, dan buah-buahan. Mereka memiliki sistem pencernaan yang lambat dan efisien, memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dengan sedikit makanan dan air.

Umur Panjang yang Menakjubkan

Kura-kura Sulcata memiliki umur yang panjang, rata-rata mencapai 70-80 tahun. Bahkan, beberapa individu tercatat mampu hidup hingga lebih dari 100 tahun. Hal ini menjadikan mereka hewan peliharaan yang membutuhkan komitmen jangka panjang.

Status Konservasi dan Perdagangan Ilegal

Kura-kura Sulcata diklasifikasikan sebagai “Hampir Terancam” oleh IUCN Red List. Perburuan liar dan perdagangan ilegal untuk dijadikan hewan peliharaan menjadi ancaman utama bagi kelestarian mereka.

Menjelajahi dunia kura-kura Sulcata membuka wawasan tentang hewan eksotis yang penuh pesona dan keunikan. Dari ukuran besar hingga bentuk punggung yang eksotis, kura-kura Sulcata adalah makhluk yang memikat dan layak mendapat perhatian kita. Terlebih jika bisa melihat hewan ini di habitat aslinya.

Penulis : Ady Kristanto

[contact-form-7 id="49" title="Pendaftaran Event"]